Mengenal Lebih Jauh Perilaku Gaya Hidup yang Meniru Orang Lain!

Perilaku Gaya Hidup yang Meniru Orang Lain

Nah, dalam ilmu Sosiologi, perilaku meniru gaya hidup orang lain ini biasa dikenal masyarakat luas dengan istilah Imitasi. Salah satu tindakan yang terjadi berdasarkan sebuah faktor yang  bisa mempengaruhi sebuah sistem interaksi sosial. Biasanya, faktor ini bisa bergerak menjadi satu kesatuan yang utuh,  atau bahkan bergerak sendiri hingga  menjadi bagian terpisah.

Tindakan imitasi ini sebenarnya termasuk dalam proses belajar dari seseorang tersebut untuk mengikuti pola perilaku yang dilakukan orang lain. Misalnya dari segi sikap yang baik, dari segi gaya bicara, hingga dari segi penampilan seseorang yang menurutnya menarik. Tindakan meniru perilaku orang lain berawal dari lingkungan keluarga, lingkungan tetangga, hingga masyarakat.

Dalam hal ini, perilaku meniru gaya hidup orang lain tidakkah berjalan secara otomatis, namun ada hal yang mendasarinya seperti adanya pengaruh dari segi sikap yang awalnya mengagumi atau menerima pola perilaku dari orang lain yang menarik baginya. Bahkan munculnya perhatian atau minat yang besar ini menjadi syarat mendasar seseorang melakukan imitasi lho.

Nah, Berikut adalah Beberapa Contoh Perilaku Gaya Hidup Imitasi

Seorang Anak Menirukan Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang Tuanya

Contoh dari proses imitasi yang pertama hadir dalam lingkungan keluarga. Dimana biasanya orang tua akan selalu menggunakan bahasa yang halus ketika berbicara, ini memungkinkan anaknya untuk mencontoh perilaku positif tersebut untuk ikut menirukan gaya bahasa dari orangtuanya yang cenderung berbahasa sopan dan halus sesuai dengan tata Krama sebenarnya.

Dengan ini, kebiasaan yang selalu dilakukan oleh orang tuanya akan dengan mudah diserap oleh anaknya, oleh karena itu alangkah baiknya jika orang tua selalu memperhatikan tingkah lakunya dengan baik, agar apa yang nantinya perilaku meniru gaya hidup orang lain yang dialami oleh sang anak ini akan  berdampak baik bagi dirinya. Karena anak mengikuti kebiasaan orangtuanya.

Seorang Adek yang Menirukan Gaya Berpakaian Kakaknya

Nah, anak kecil selain menirukan kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya bisasnya cenderung mengikuti kebiasaan kakaknya juga. Terlebih hubungan antara seorang kakak dengan adeknya sangatlah dekat. Ini memungkinkan adanya kegiatan imitasi yang dilakukan sehingga hal ini membuat seorang kakak harus bisa memperhatikan lagi apa yang ingin dilakukannya.

Bahkan kebanyakan perilaku meniru gaya hidup orang lain yang dialami anggota keluarga ini biasanya dari anak perempuan yang mengagumi gaya berpakaian kakak perempuannya. Sehingga apapun yang dipakai kakaknya juga harus dia coba. Bahkan biasanya, ketika kakaknya memakai aksesoris dan make up, ini juga bisa dijadikan imitasi oleh adiknya lho.

Perilaku Imitasi dimana Anak Terpengaruh Dengan Temannya

Selain dalam keluarga, proses imitasi juga bisa saja terjadi dalam lingkup sosial. Salah satunya seorang anak yang terpengaruh dengan kegiatan yang dilakukan temannya. Hal ini sebenarnya sangat wajar dialami oleh anak yang belum mengerti mana kegiatan yang baik untuk dijalankan dan mana kegiatan yang sebaiknya dihindarkan. Disinilah peran orang tua yang paling penting.

Dalam hal ini, pola perilaku meniru gaya hidup orang lain bisa dikatakan ada baiknya dan ada buruknya. Jika anak tersebut memiliki teman sebaya yang cenderung memiliki kegiatan positif, maka akan sangat baik jika ditirukan. Ini akan menunjang kesuksesan anak tersebut, namun jika justru pengaruh yang dibawa temannya dalam konteks yang negatif, maka akan sangat salah.

Nah, demikianlah pola perilaku meniru gaya hidup orang lain yang harus kalian ketahui mulai saat ini agar kalian bisa melakukan kegiatan apapun untuk mengantisipasi adanya hal-hal negatif yang akan terjadi kedepannya. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kalian semua ya.

Previous Post